Jumat, 15 Agustus 2014

7 MAKANAN MANFAAT BAGI JANTUNG


Jantung adalah salah satu organ yang paling penting dalam tubuh. Jantung memompa darah yang kemudian dialirkan ke seluruh tubuh dan detak jantung adalah parameter vital bagi kelangsungan hidup.

Meskipun begitu, banyak yang masih abai terhadap kesehatan jantung. Akibatnya, penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia.




Penyebab penyakit jantung bisa bermacam-macam, mulai dari genetik, gaya hidup yang tidak sehat, ataupun usia. Walaupun sulit untuk dicegah, Anda bisa mengontrol penyakit jantung dengan makanan yang dikonsumsi. 

Berikut ini merupakan camilan sehat yang baik bagi jantung, seperti dilansir laman Times of India:

Kenari

Jenis kacang-kacangan ini kaya akan omega-3, serat, vitamin E, dan folat.  Konsumsi kenari secara teratur dapat menjauhkan tubuh dari penyakit jantung. Selain kacang kenari juga ada kacang almond yang  merupakan sumber nutrisi yang baik bagi jantung Anda.

Bayam

Sayuran berwarna hijau, terutama bayam, kaya akan zat besi, vitamin C, vitamin A dan magnesium, yang baik bagi kesehatan jantung.
 
Sereal

Merupakan makanan kaya serat ini yang terdiri dari omega-3, folat dan potasium, yang berfungsi membantu mengurangi kadar kolesterol dan mencegah penyumbatan pembuluh darah. 
 
Asparagus

Sayuran ini memgandung nutrisi anti-inflamasi seperti folat dan vitamin C dan D, sekaligus rendah kalori.
 
Kacang-kacangan

Terutama kacang merah, merupakan sumber vitamin B, zat besi, dan kalsium, yang bisa menjadi sumber energi sekaligus antioksidan untuk menyehatkan jantung.
 
Blueberry

Kaya akan antioksidan dan vitamin C, blueberry mengandung kalori dan kadar gula yang lebih rendah. Selain untuk jantung, blueberry juga merupakan sumber serat yang baik sehingga bisa membantu melancarkan pencernaan. 
 
Salmon

Mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik dalam mengurangi tekanan darah dan mencegah terjadinya penumpukan lemak pada pembuluh darah. Selain itu, salmon juga mengandung karotenid astaxanthin yang merupakan antioksidan, yang bisa mengurangi risiko serangan jantung hingga 30 persen.



Like And Share !





Sumber :
Life.viva.co.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar